søndag 30. november 2008

SERUNDENG AYAM


Seperti yang telah saya katanya dipostingan sebelumnya bahwa untuk serundeng pelengkap nasi ulam betawi saya bikin variasi serundeng dengan menggunakan daging ayam filet yang kebetulan adalah sisa bikin nasi mawut karena daging ayam filet beku yang sak gelondong nempel satu sama lain , waktu tak pecél-pecél *baca ''bacok'' preman bener bahasanya * kok ndak mau lepas. Akhirnya ada 3 bh ayam filet tak lempar ke dalam panci untuk direbus sekalian, lalu sisa daging ayam yg buat naswut kusimpan dalam kulkas buat tak pake besoknya atau entah kapan.

Eh ndilalah kok ada aja ide dikepala, sorenya aku telpon si Ayah untuk minta dibelikan kelapa seger utuh di SPM dan beruntung sekarang ini banyak setoknya ditoko *mendekati natal gini orang sini butuh kelapa untuk buat cookies, ga kayak di Indo ya yang buat bikin santan hehe * Malam hari setelah anak-anak tidur aku marut kelapa manual pake parut yang bawa saat tahun pertama aku ke Norwe *dibekalin ibu parut dari rumah hihi * awalnya sih pengen tak parut di food processor tapi kok ndak ketemu serutannya, akhire harus rela marut kelapa dengan tangan. Habis marut selesai aku geprak-geprak ayam filetnya biar memar alias babak belur tersuwir-suwir dengan sendirinya. Ngupas dan ngalusin bumbu dan sreng-sreng diwajan, yang agak lama adalah nunggu si serundeng kering karena harus sering diaduk biar ndak gosong. Yang lainya sih gampang aja. Dan hasil dari 1 jam aku berdiri membolak-balik didepan kompor, serundengku jadi mak nyuuuuss tenan. Ga percaya cobain aja bikin sendiri, nih saya kasi resepnya.

SERUNDENG AYAM

Bahan :
2 bh ayam filet, rebus matang, memarkan dan suwir-suwir memanjang
200 grm kelapa parut *setengah tua dan kupas kulit arinya biar ndak item *
2 lembar daun jeruk, iris tipis
1 btg serai, memarkan
1 sdm air asam jawa
200 ml santan
2 lmbr daun salam
1 sdm gula merah, sisir

Bumbu halus :
3 bh cabe merah
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
2 cm lengkuas
1 btg serai, ambil putihnya
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jintan
Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur daging ayam suwir dengan bumbu halus, daun jeruk dan air asam
Remas-remas sampai bumbu tercampur dengan rata, diamkan 20 menit
Masukan kedalam wajan dan tuangi santan
Masak sampai bumbu meresap dan kuah menyusut
Masukan kelapa parut dan aduk-aduk dengan api kecil sampai kelapa dan daging menjadi kering

ps : kalo ndak nemu kelapa segar bisa pake kelapa kering yg ga manis terus dikasi sedikit air biar lembab

lørdag 29. november 2008

Blog saya masuk majalah FEMINA

Awalnya ada seorang temen kasi ucapan selamat di ShoutBox kepada saya atas ikut tercantumnya nama blog saya di majalah FEMINA, weleh saya bingung mengapa ? ada apa dan kenapa? saya jadi bener-bener penasaran pasalnya saya ga bisa beli majalah FEMINA, secara tinggalnya di Norway dan tidak ada loper majalah Femina yang nyampe disini, hiks. Setelah mbak Yuni *orang yang pertama mengabari saya* dengan baik hati menscankan majalah Femina dimana ada nama blog saya, baru saya ngeh dan ngerti ternyata ada artikel tentang dunia kuliner tanpa batas yang membahas dunia kuliner di internet.

Walo cuma sak cuil nama blog saya ikutan mejeng di majalah wanita itu hehe, ga nyangka ya blog saya yang cuma hasil keisengku bisa dikenal orang. Yang tercantum dimajalah itu adalah website milik orang yang notabene orang dapur alias chef terkenal atau website yang udah punya nama dahulunya sebelum saya mempunyai blog sendiri. Dan blog saya ini apalah.. hanya blog biasa yang isinya tentang resep-resep hasil uji coba didapur sambil ngemong anak-anak dirumah *ibu rumah tangga sejati * Kebetulan saya hobby masak, hobby makan dan hobby motret makanan. Walo dengan hasil apa adanya tapi semua photo makanan yang ada diblog saya ini adalah hasil jerih payah saya didapur, nungging motret diteras belakang dan ngetik ditengah malam jika anak-anak sudah pada tidur . Kalopun saya nyontek resep pasti saya berikan sumber dan link resep yang saya pake.

Jadi buat teman-teman mohon ya jangan asal main comot photo atau resep untuk di republikasi lagi, jika minta ijin dahulu insyallah saya ijinkan. Haragailah hasil kerja saya karena resep yang saya pajang gratis dibaca tanpa harus membayarnya. Untuk nulis resep diblog dan motret-motret makanan juga pake modal dan itu juga ga sedikit. Seperti beli bahan makanan dan bumbu, memasaknya pake listrik dan makan waktu didapur, properti pemotretan *misal piring, mangkok, garpu dan kain taplak meja * camera untuk motretnya, program pengeditanya *Photoshop dan sejenisnya* dan komputer untuk menguploadnya di internet

Buat FEMINA terima kasih sekali nama blog saya diikutan di daftar website kuliner lokal dan untuk mbak Yuni yang pertama memberi tahu dan mengirim scan majalah FEMINA ke saya, terima kasih banyak ya. Untuk teman-teman yang telah mengucapkan selamat lewat SB saya ucapkan terima kasih banyak.





Pssst ... kenapa tampilan blog saya biasa aja ? karena biar gampang dan cepet diaksesnya dengan internet yang cepet ataupun lemot. Lain kali kalo moody saya udah kumat tak oprek lagi tampilan blog saya biar ndak mbosenin

Salam
A.G

NASI ULAM BETAWI


Penasaran merasakan nasi ulam Betawi dengan serundeng diatas nasinya. Bikin sendiri yuuukk. Saya sengaja bikin nasi gurih biar makin nendang rasanya jika dimakan dengan lauknya yang macem-macem dan kebanyakan kering. Karena sekalian buat dinner anak-anak maka aku masakin semur kentangnya biar kalo makan ndak mendelik karena kesereten. Hasilnya anak-anak pada doyan mesti harus tak suapin *makan sendiri bisa-bisa meja makan kayak kapal pecah, apalagi ada bihun gorengnya *Awalnya si Noni rada geli merasakan bihun goreng, tapi lama-lama tak suapin kok mau aja. Si Joel doyan semuanya kecuali serundengnya yang aku bikin rada pedas.

Untuk serundengnya aku buat pake daging ayam ya, jadi ga melulu mesti serundeng daging hihi soale daging sapinya aku bikin empal gepuk, resepnya menyusul dipostingan berikutnya ya

Nasi Ulam Betawi Set

NASI ULAM BETAWI

Isiannya : *Klik aja yg warna merah ya *
Nasi gurih
Serundeng ayam
Bihun goreng

Kering tempe dan teri *resepku cuma kering tempe tapi kasi aja teri goreng *
Empal Gepuk
Dadar Telur
Irisan ketimun
Kemangi
Semur kentang *pk resep semur tahu n telor, bumbunya sama cuma bahanya kentang*
Krupuk kanji

fredag 28. november 2008

NASI MAWUT


Nasi goreng khas dari daerah Magelang Jawa Tengah yang isinya campuran nasi, suwiran ayam, mie, orak-arik telor dan sayuran misal tauge, caisim makanya disebut nasi mawut yang kalo di bahasa Indonesiakan berarti campur aduk bin babak belur, semua bisa masuk. Biasanya kalo beli diwarung-warung dipinggir jalan dikasi porsi gede dan buuuanyak *kayak porsi kuli *.

Dolo saya suka beli nasi mawut yang mangkal didepan Sri Ratu Peterongan selalu dimakan berdua dengan teman kost saya hihi karena aku ndak sanggup makan sendirian, mie yang dipake adalah bihun bukan mie telor dan ga pake sosis, dan yang bikin ketagihan adalah aroma gongsonganya yang khas kalo beli nasgor diwarung pinggir jalan *ketambahan bumbu debu dan knalpot yang bersliweran mungkin itu kali jadi makin sedep hehe *

Ok dweh untuk mengenang jaman kuliah dolo maka breakfast saya kemaren bikin nasi mawut ini. Dan dibikinya aku mawut beneran karena ga sanggup ngabisin sendiri, akhirnya sisanya tak kasi si Ayah waktu pulang kerja, untung dweh dia mau makan walo rada-rada pedes. OK beibeh lets start cooking..!!!!

NASI MAWUT

Bahan :
1 piring nasi dingin
1 bh mie telor, rebus sampai lunak dan tiriskan
50 grm daging ayam goreng, suwir
1 cup tauge
1 kuntum bokcoy, potong kasar
2 btg daun bawang, iris halus
1 butir telor, goreng orak-arik
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 bh cabe merah
1/2 sdt terasi
1 sdt garam

Pelengkap :
Acar ketimun
Krupuk kanji
Bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum
Masuk nasi, ayam suwir, daun bawang, mie rebus.
Tuangkan kecap manis dan aduk rata
Tambahkan bokcoy, tauge dan telor orak-arik
Masak sambil diaduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dan matang.
Sajikan bersama dengan pelengkap

torsdag 27. november 2008

PEPES AYAM

masakbareng

Akhirnya Masak Bareng edisi November bias tayang. Kali ini saya dengan mak bendhundhuk'an *baca buru-buru* membuat pepes ayam ini untuk mengejar setoran. Karena ndak pengen mengecewakan teman yang lain *saya salah satu pelopornya* maka dengan bahan apa adanya saya membuat Pepes ayam. Dan yang makan siapa ? hanya saya hihi..suami rada kurang doyan pepesan, beruntunglah saya cuma bikin 4 buah saya karena menggunakan daging ayam filet tak campur dengan jamur merang kalengan. Rasanya memang sangat pas sekali, pedasnya sesuai dengan level lidah saya. Dengan dibungkus daun pisang dan dibakar sebelum disajikan semakin menambah aroma wangi kedalam daging ayam.


PEPES AYAM

Bahan :
2 bh ayam filet, potong tipis memanjang
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
Segenggam kemangi, ambil daunya
100 grm jamur merang, belah 2
2 lmbr daun salam, potong menjadi 4 lembar
75 ml santan kental
Daun pisang dan lidi untuk menyemat

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 bh cabe merah
3 butir kemiri, sangrai
1 cm jahe, memarkan
1 btg serai, ambil putihnya
1 cm kunyit
1 sdt garam

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam selama kurleb 15 menit
Didalam mangkok campurkan ayam, jamur merang, bumbu halus, santan, daun kemangi menjadi satu
Aduk rata dan diamkan selama 15 menit biar bumbu meresap
Ambil 2 sdm adonan ayam dan bungkus dengan daun pisang lalu semat dengan lidi
Kukus selama 30 menit lalu sebelum disajikan bakar diatas bara api atau wajan grill sampai harum.

tirsdag 25. november 2008

TAHU ACAR


Hidangan selingan yang berasal dari Surakarta alias Solo ini sangat mirip dengan pempek soalnya pake kuah tapi mungkin yang beda adalah isinya, kalo tahu acar adalah bisa disebut sejenis salat dan cocok bagi yang vegetarian karena diracik tanpa menggunakan unsur hewani.

Tahu acar ini pas banget dimakan disiang hari karena kuah dan sambalnya terasa asem pedas segar. Teringat jaman saya masih tinggal di Indonesia selalu pesan tahu acar ibu kalo ada mbak bakul tenongan lewat. Kalo anda tidak bisa menemukan warung tahu acar atau bakul tahu acar ? bikin sendiri aja..gampang kok.

TAHU ACAR

Bahan :
1 blok tahu, potong dadu,goreng matang
2 lmbr kol, iris tipis
100 grm tauge, siangi dan rebus sebentar
50 grm mie telor, rebus dan tiriskan

Acar :
1 bh timun, kupas dan iris memanjang
1 sdt cuka
1 sdm gula
50 ml air

Kuah :
300 ml air
2 sdm kecap manis
2 sdm gula merah
1 sdm cuka
garam secukupnya

Taburan :
Kacang tanah goreng
Bawang merah goreng
Seledri cincang
Sambal (cabe rebus dan garam haluskan)

Cara membuat :
Kuah :
Rebus air, kecap, gula merah, cuka dan garam sampai mendidih
Angkat dan biarkan dingin
Acar :
Campur semua bahan acar, aduk dan diamkan dalam kulkas selama kurleb 30 menit

Cara penyajian :
Tata diatas piring saji, mie telor, irisan kol dan tauge, tahu dan acar ketimun
Tuangkan kuahnya dan beri sambal, taburi dengan kacang goreng, bawang merah goreng dan seledri cincang

mandag 24. november 2008

FU YUNG HAI TAHU


Karena ndak punya daging kepiting maka fu yung hai ini aku modif pake tahu aja, rasanya ternyata masih enak dan yang penting sausnya itu lho. Aku bikin ini dan tak diamin selama 1 malam di kulkas, esoknya baru tak makan dengan sayur bening bayam.... nyamleng tenan rek. Kalo suka pedas sausnya dikasi cabe aja kayak aku punya, jadi dijamin makin slurup aja dweh. Lets start cooking hunny


FU YUNG HAI TAHU

Bahan :
5 bh telor
1 blok tahu, potong dadu kecil
1 bh wortel, parut kasar
2 lmbr daun kol, iris tipis
2 btg daun bawang, iris tipis
2 sdm tepung terigu
Garam dan merica secukupnya
2 sdm minyak untuk menggoreng

Saus :
1 bh bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 kaleng, tomat cincang *pengganti saus tomat*
1 bh cabe merah, cincang halus
1/2 sdt merica
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdm maisena
100 ml air kaldu
1 sdm minyak untuk menumis
50 grm kacang polong, rebus

Cara membuat
Campurkan telor, sayuran, tahu dan bumbu menjadi satu
Dadar sampai matang sisihkan
Sausnya :
Tumis bawang bombay sampai layu, tambahkan bawang putih dan tumis sampai harum
Masukan cabe, tomat cincang berserta airnya, aduk rata
Tambakan merica, garam dan gula.
Tuangi air kaldu
Larutkan tepung maisena dengan sedikit air dan masukan kedalam saus
Masak sampai saus mengental
Guyurkan diatas dadaran dan taburi dengan kacang polong rebus

søndag 23. november 2008

OLLIEBOLLEN


Dingin-dingin gini enaknya nyemil yang anget-anget sambil minum kopi atau teh anget. Wikenan kan dirumah dan pengen bikin snack buat anak-anak. Akhirnya jatuh pilihan pada olliebollen ini. Bikinya gampang tapi agak sedikit lama karena musti nungguin adonan mengembang dahulu. Adonan yang aku bikin ga memakai gula, soale kismis dan sukadenya aku rasa udah manis. Kalo pengen manis lagi ya taburin aja pake gula halus yang agak banyak aja hehe. Oke dweh mulai ambil mangkok dan wajan ya.

OLLIEBOLLEN

Bahan :
250 grm tepung terigu
100 grm kismis
100 grm sukade
1/4 sdt garam
1 sdm yeast
100 ml susu, hangatkan
2 butir telor, kocok lepas
Gula halus, untuk taburan
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Campurkan tepung terigu dengan yeast
Masukan telor kocok, sedikit demi sedikit
Lalu tuangkan susu hangat, garam dan aduk rata
Tambahkan sukade, kismis aduk sampai tercampur rata
Tutup dengan serbet dan diamkan ditempat hangat sampai adonan mengembang
Setelah adonan mengembang
Panaskan minyak, lalu dengan 2 bh sendok yang sudah dicelupkan kedalam minyak ambil 1 sdm adonan
Goreng dalam minyak sedang sampai matang
Tiriskan dan biarkan agak dingin
Taburi dengan gula halus
Sajikan

lørdag 22. november 2008

TEMPE SAUS TIRAM


Masih tempe lagi... mumpung lagi ndak masak dan semua masakan yang berbahan tempe ini adalah hasil usilku selama di Indo jadi jangan iri atau marah pada saya ya yang susah mendapatkan tempe, semoga berguna buat ide masak jika kalian lagi mempunyai tempe. Salah satu masakan hasil uprek'an saya adalah tempe yang aku sausin tiram. Iparku penasaran dengan rasa saus tiram makanya dia rikues ke aku untuk dibuatkan hehe.. So here is my version


TEMPE SAUS TIRAM

Bahan :
1 blok tempe, potong dadu
1 papan petai *optional *
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
100 ml air kaldu *air biasa juga ndakfafa *
2 lmbr daun salam
1 cm lengkuas
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 bh cabe *aku pakai cabe hijau *

Cara membuat :
Tumis bumbu iris sampai harum bersama dengan petai, lengkuas dan daun salam
Masukan tempe masak sebentar lalu tuangkan sedikit air
Tuangkan kecap manis dan saus tiram
Masak sampai kuah agak menyusut
Sajikan hangat.

tirsdag 18. november 2008

BOTOK TEMPE


Karena berlimpah tempe tanpa harus susah membuatnya, maka aku nikmati saja hari-hariku menikmati hidangan dari bahan tempe. Ibuku tau aku lagi keranjingan tempe maka hampir tiap hari kalo kepasar beliau selalu membeli beberapa blok tempe dan dimasukan kulkas untuk persediaan jika aku ingin menikmati tempe setiap saat. Karena bosen dengan tempe goreng dan sambel maka aku masak yang lain tempenya yaitu botok tempe.

Pohon petai cina

Dahulu emang aku suka bikin botok tempe ini, rasanya gurih dan pas banget sebagai lauk dari sayur bening bayam. Bahanya yang gampang dicari membuat aku semangat saja memasak. Petai cina tinggal ngambil dari belakang rumah karena dipekarangan ada pohon petai cina, daun pisang juga tinggal babat. Kelapanya sih beli dipasar ama tempenya. Jadi kurang apalagi ? OK dweh mulai memasak ya sekarang.

BOTOK TEMPE

Bahan :
300 grm tempe, tumbuk kasar
100 grm petai cina
150 grm kelapa muda,kupas dan parut
3 bh cabe merah, iris serong
50 ml air kelapa *kalo ndak ada pake air biasa*
Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sdt ketumbar
2 butir kemiri
1 cm lengkuas
1 sdt garam

Cara membuat :
Campurkan bumbu halus, tempe, petai cina dan kelapa parut
Masukan cabe merah dan air kelapa, aduk rata
Ambil 2 sdm adonan lalu bungkus dengan daun pisang, semat lidi
Kukus selama 30 menit sampai matang
Sajikan hangat

OREK TEMPE


Ini masih masakan hasil iseng waktu di Indo, waktu siang hari tidak ada lauk untuk lunch dan malas keluar rumah karena panas banget, maka buka kulkas eh ada tempe seger. Lalu aku pengen bikin yang cepat biar tidak kelamaan nunggu matengnya. Akhirnya potong cabe dan bawang merah putih, sedikit garam mak crit, oseng bentar jadi dweh. Cara masak yang cepat kilat.


OREK TEMPE

Bahan :
1 blok tempe, sekitar 300 grm, goreng sebentar lalu hancurkan
1 lembar daun salam
1/2 sdt garam
Minyak untuk menumis

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 bh cabe merah
2 bh cabe rawit

Cara membuat:
Tumis bumbu iris dan daun salam sampai harum
Masukan tempe, ber garam dan aduk-aduk sampai matang
Sajikan hangat

mandag 17. november 2008

ONCOM GORENG

Yuhuuuu.. setelah pulang dari mudik selama 1 bulan, akhirnya aku bisa kembali online dengan internet yang cepat. Di Indo aku jarang banget online dikarenakan inet yang lemot mot, males nunggu dan ngabisin waktu aja melototin loadingnya. Ngenet di warnet juga gitu, wes jadi ogah online, paling kalo sempet ya buka blog bentar lalu baca emil...sudah ah laporan tentang inet Indo. Yang penting sekarang udah bisa online lagi.

Sebelum mudik aku tuh pengen banget makan yang namanya oncom saudara-saudara, sampai tak belain untuk mengunjungi ibukota Jakarta demi memburu oncom yang katanya membladher *baca banyak* dijual di Jkt. Tapi ternyata seminggu sebelum keberangkatannku ke Jakarta aku malah sudah menemukan oncom di SPM Gelael Simpang 5 Semarang. Tanpa babibu aku langsung beli, weleh ternyata kok mahal ya..1 blok yang seperti di gambar dibawah ini seharga 13 ribu rupiah, lebih murah tempeh, tapi ya sudah lah..yang penting aku bisa mencicipi rasa oncom.

Oncom

Oncom

Karena bingung mau aku apain tuh oncom lalu tak goreng pake tepung di bumbu pedas aja. Akhirnya sore itu aku ngeluthek*memasak* didapur ibu yang 6 tahun silam aku pake memasak untuk keluargaku sebelum aku merit. 1 jam kemudian matenglah oncom goreng yang aku sajikan cuma dengan cabe rawit saja. Gorengan.. sapa sih yang menolak.

Gigitan pertama waktu merasakan oncom hmmm rasanya seperti tempe gembus cuma ada kacang. Kalo tempe gembus itu warna putih jamurnya sedangkan oncom berwarna merah kayak jamur nasi busuk hehe. Awalnya ibuku tanya itu tempe bosok kok kamu beli sih, aku cuma senyum aja. Ndak ada rasa spesial buatku, yang penting rasa penasaranku hilang setelah makan oncom. Ok dweh sodara-sodara... yang pada kangen oncom dan tidak bisa menemukanya didaerah anda, monggo silahkan dipelototin photo hasil jepretan saya. Dan oncom goreng buatan saya ada dibawah ini, dimasak dan dijepret saat di Indonesia dengan hiasan ala kadarnya.

Oncom Goreng

ONCOM GORENG

Bahan :
1 blok oncom, iris ketebalan 0,5 cm
1 batag daun bawang, iris tipis
100 grm tepung terigu
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu halus :
2 bh cabe merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1 sdt garam

Cara membuat :
Aduk bumbu halus, terigu, daun bawang dan air sampai rata
Celupkan oncom kedalam adonan lalu goreng dalam minyak panas sampai matang kekuningan
Angkat dan tiriskan
Sajikan hangat

Oncom Goreng

søndag 16. november 2008

Masak Bareng Yuuk !!! Edisi November'08

Event Masak Bareng Yuukk..!! datang lagi.... Untuk edisi November'08 ini, sesuai dengan ide dari Rita, menunya PEPES AYAM. O iya, event ini punya logo baru neh... [makasih buat Kartun United yang udah mau direpotin buat bikinin logo].

masakbareng

Event ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut (tentunya foodie blogger dong ya?!). Ga ada syarat yang 'mengikat', hanya posting menu sesuai dengan tema, dilengkapi dengan logo di atas pada hari Kamis, 27 November 2008. Jam-nya ga harus sama, yang nyaman aja buat para foodie blogger untuk posting.

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera. Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan. Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh. Yang penting having fun mencoba-coba resep, jeprat-jepret hasilnya lalu menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia via blog.

InsyaAllah event ini akan diadakan setiap bulan. Menu dan jadwal posting (tiap Kamis terakhir) bulan berikutnya akan diumumkan tiap penayangan hasil Masak Bareng. So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya. Info ini juga tersedia di dapur Deetha dan Shinta.

O iya, jangan lupa kalo dah naik tayang kasih kabar ke foodie blogger lainnya (termasuk saya yah.. ) ntar kita bakalan rame-rame meluncur ke sana buat icip-icip plus kasih koment. Ditunggu partisipasinya ya.... Masih cukup waktu buat belanja dan masaknya kan?!Masak bareng yuukk..!!!

lørdag 15. november 2008

GADON TAHU


Tahu lagi.. masih cemilan dengan bahan dasar tahu dan bisa untuk lauk juga karena kasana gurih dan pedas. Karena masih ada daun pisang maka tak manfaatin daun pisang seger itu. Karena males ngulek aku iris tipis aja bumbunya dan pake bumbu bumbu saja biar cepet en gampang

GADON TAHU

Bahan :
150 grm daging ayam, cincang halus
250 grm tahu putih, haluskan
50 ml santan ketal
1 bh telor
4 lembar daun salam, potong masing-masing menjadi 2 lmbr
2 lmbr daun jeruk, iris tipis
1 bh cabe merah iris tipis
4 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt ketumbr bubuk
1/2 sdt jintan bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Daun pisang untuk membuat takir kecil-kecil
10 bh cabe rawit untuk hiasan

Cara membuat :
Campurkan semua bahan, aduk rata
Masukan kedalam takir hingga hampir penuh
Kukus selama 20 menit, lalu 5 menit menjelang matang beri cabe rawit diatasnya
Masak sampai matang

fredag 14. november 2008

WEDANG RONDE


Kalo dingin kayak musim gugur gini enaknya minum yang anget-anget biar badan juga jadi anget, tapi efek samping kalo yang ga terbiasa bisa jadi beseren lho. Nah aku suka banget dengan minuman wedang jahe ini. Kalo ga dikasi rondenya bisa disebut wedang cemuai. Karena ada sisa tepung ketan di kulkas dari bikin kue ku kemaren maka aku bikin dweh bulet-buletannya. Makany namanya berubah jadi wedang ronde. Bikin yuuuk biar badan jadi anget.

WEDANG RONDE

Bahan Ronde :
50 grm tepung ketan
1 sdm gula
sejimpit garam
Air hangat secukupnya
Pewarna makanan

Wedang Jahe :
1 bh jahe, kupas dan bakar lallu memarkan
1 lmbr daun pandan, simpulkan
2 btg serai, memarkan
Gula merah+pasir secukupnya *kemanisan terserah selera ya*
1 liter air

Pelengkap :
Kacang goreng

Cara membuat :
Buat bulatan sebesar kelereng
Lalu rebus didalam air mendidih sampai mengapung
Tiriskan

Wedang Jahe :
Rebus jahe, sere, daun pandan dan gula sampai gula larut dan tercium aroma wangi
Cara penyajian:
Tuangkan wedang jahe didalam mangkok, beri beberapa bola ronde lalu taburi dengan kacang goreng

torsdag 13. november 2008

SUP KEMBANG TAHU


Salah satu menu anak-anak yang aku contek dari buku Menu Sehat untuk Balita karya Dra.Rusilanti,MSi. Emang sengaja beli buku panduan buat balita karena dirumah emang ada 2 balita, setidaknya bisa kasi ide masak kalo ide udah buntu. Diantaranya ya sup kembang tahu ini. Alhamdulilah anak-anak pada suka, sebernarnya ini sup udah lama bikinya barengan dengan perkedel udang, tapi kok ketlingsep photonya. Karena ngejar apdet maka tak pajanglah kali ini

SUP KEMBANG TAHU

Bahan :
150 daging ayam
25 grm soun
2 bh wortel, iris tipis
50 grm kembang tahu, rendam sampai mekar, potong-potong
2 bh kentang, potong dadu kecil
1 btg daun bawang, iris tipis
1 sdm bawang merah goreng untuk taburan
1 liter air

Bumbu :
2 siung bawang putih, cincang
1/2 bh bawang bombay, cincang kasar
Garam dan merica secukupnya
Pala secukupnya

Cara membuat :
Rebus daging ayam sampai lunak, angkat suwir atau potong dadu kecil
Tumis bumbu sampai harum, masukan kedalam rebusan daging
Tambahkan wortel, kembang tahu, kentang, rebus sampai mendidih
Masukan irisn daun bawang lalu taburi dengan bawang merah goreng

onsdag 12. november 2008

NUGGET TAHU


Salah satu olahan berbahan tahu, sangat gampang dan enak... disukai anak-anak. kalo biasanya nugget berbahan daging ayam atau ikan kali ini aku memakai bahan dasar tahu. Aku suka banget dengan tahu. Memanfaatkan tahu yang hampir kedalu warso kemaren makanya tak bikin nugget ini. Dimakan panas-panas pake sambel botol pedas pasti mak nyosss.

NUGGET TAHU

Bahan :
300 grm tahu putih, haluskan
1 sdt kaldu bubuk
1 butir telor
Garam dan merica secukupnya

Bahan pelapis :
1 bh putih telor
50 grm tepung kanji
Tepung roti secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Campurkan tahu putih, kaldu bubuk telor , garam dan merica.
Tuangkan kedalam loyang lalu kukus selama 15 menit, angkat istirahatkan
Potong-potong lalu gulingkan diatas tepung kanji
Celupkan kedalam putih telor dan di tepung roti
Goreng sampai kuning keemasan
Sajikan dengan sambal botol

tirsdag 11. november 2008

KRUPUK GENDAR


Di keluargaku suka banget lho dengan krupuk, ga cuma anak-anak aja yang suka si Ayah juga demen banget hihi :D... apalagi kalo krupuk gendar ini mateng langsung dweh jadi rebutan.
Karena disini ga ada yang jualan krupuk gendar ato krupuk nasi maka aku harus rela. Jurus agak tidak belepotan adalah pake kaos tangan plastik ama kantong plastik biar ga risih dan cepet

membuatnya sendiri. Ternyata gampang sekali, walo harus bergelut dengan nasi yang lengket. . Sebenernya ada yang minta photo step by step bikin krupuk ini tapi karena kalo bikin selalu lopa jadi sekarang cukup tak tulis resep saja, lain kalo ada waktu dan sempet motretin aku pajang dweh. Resepnya aku pake bumbu bubukan, soale males ngulek :D praktis dan tinggal cemplang cemplung. Kalo di Indonesia pake obat bleng tapi karena itu adalah borak jadi dilarang. Mendingan ga usah pake obat bleng, tanpa bahan pengawet jadi aman, iya bukan ???

KRUPUK GENDAR *Home Made*

Bahan :
500 grm nasi
2 sdt bawang putih bubuk
1 sdt ketumbar bubu
1 1/2 sdt garam
Kalo suka rasa terasi bisa ditambahin
Jika suka aroma ebi bisa juga di campurin.
2 sdm air untuk melarutkan

Cara membuat :
Campurkan bumbu dalam mangkok dan tuangi air aduk sampai bumbu larut
Tuangkan di atas nasi dan uleni sampai bumbu tercampur rata pada nasi
Kukus kembali atau masukan rice cooker lagi dan tunggu sampai bunyi klik
Aduk-aduk sebentar dan biarkan selama 10 menit, biar tanak
Angkat dan haluskan selagi panas *aku pake mixer joget yang hook* kalo tidak punya pakai ulegan atau alu
Lalu dengan sarung tangan plastik ambil 1 sdm adonan
Taruh diatas plastik, tutup dengan plastik kembali dan giling dengan gilingan roti sampai tipis
Setelah mendapat ketipisan yang diinginkan, pindahkan diatas kertas roti atau tampah
Lakukan pada sisa adonan
Jemur sampai kering *karena matahari disini ogah-ogahan maka aku panggang dioven suhu 100 tapi pintu oven tak buka sedikit*

ps : makin tipis kurpuk makin renyah lho dan cepet kering

Rice crackers

mandag 10. november 2008

KRENGSENGAN KAMBING

Krengsengan kambing

Punya daging kambing muda tapi bosen dibikin gule, fårkål dan lamb curry. Lalu nyobain masakan lain yaitu krengsengan kambng. Pernah denger dan lihat dolo waktu masih tinggal di Indonesia diwarung sate kambing selain tongseng dan gule cuma ndak pernah pesan. Karena penasaran dan pengen mencobanya akhirnya tak bikin dweh. Ternyata enak,aroma petis udang dan kecap terasa banget dilidah dan bau kambingnya pun hilang, sama sekali ndak kerasa kalo makan kambing. Resep terinspirasi dari dapurnya Mae dan Peppy . Aku masak krengsengan ini rada nyemek-nyemek jadi ada sausnya, kalo makan ndak mendelik karena kesereten

KRENGSENGAN KAMBING

Bahan :
300 grm daging kambing, iris tipis
2 bh tomat, cincang halus
2 bh cabe merah, iris serong
4 sdm kecap manis
1 sdm petis udang *opt*
1 sdm minyak untuk menumis
100 ml air

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 bh cabe rawit
1/2 sdt merica
1 sdt garam

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum
Masukan daging, masak sampai berubah warna
Tambahkan tomat cincang, kecap dan cabe iris aduk rata
Tuangi air dan masak dengan api kecil sampai daging empuk dan kuah mengental

søndag 9. november 2008

KERING MIE EBI


Aku pernah bikin ini sekali dan rasanya emang mak nyus tenan, sebagain variasi makan krupuk mie rasa ebi, enak juga buat lauk.

KERING MIE EBI

Bahan :
150 grm mie telor, seduh dan tiriskan
3 siung bawang putih, iris tipis
5 butir bawang merah, iris tipis
3 buah cabe merah besar, buang bijinya dan iris tipis
2 lmbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt gula
1/2 sdt garam
1 sdt ebi, seduh, sangrai dan haluskan
1 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :
Goreng mie yang sudah diseduh sampai kering
Tumis bawang putih, bawang merah,cabe merah, daun salam dan lengkuas sampai harum
Tambahkan gula dan garam, aduk rata
Masukan mie kering, aduk rata
Tambahkan ebi aduk rata.
Simpan dalam toples kedap udara biar tetap kriuk

lørdag 8. november 2008

SUP KEMBANG KOL


Sup pembuka atau starter... enak tidak berat dan lezat. Sering disuguhkan pada saat punya gawe. Untuk membuatnya juga gampang dan murah biayanya. Aku kadang suka nambah sup ini, jadi main coursenya bisa ngirit karena kadang terlalu berat jadi mending makan sup kembal kol aja biar kenyang doloan hehe.

SUP KEMBANG KOL

Bahan :
1 bh kembang kol, potong per kuntum dan simpan daun dan tulang tengahnya untuk kaldu
1 liter air
2 blok kaldu sayuran*bikin sendiri jika ndak punya*
2 sdm tepung terigu
200 ml dobel cream
1 bh kuning telor
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat :
Rebus tulang kembang kol dan daun bersama dengan kaldu sayuran
15 menit kemudian angkat sayurannya, dan masukan kembang kol.
Rebus selama 3 menit lalu tiriskan
Larutkan tepung terigu dengan sedikit air
Tuangkan perlahan kedalam air kaldu sambil diaduk agar tidak menggumpal
Kocok kuning telor bersama dengan dobel cream
Lalu tuangkan kedalam sup sambil diaduk
Masukan kembali kembang kol, beri garam dan merica dan masak sampai mendidih
Sajikan hangat bersama roti

fredag 7. november 2008

URAP DAUN KALE


Urapa sayur kali ini aku memakai daun kale atau green cabbage. Beli waktu minggu menjelang autum kemaren karena tertarik dengan warnanya yang ijo royo-royo itu. Dan teksturnya keras kayak daun ketela aja, jadi cucok dibuat urap kan. Resep hasil copas dari urap sayurku yang dahulu, resepnya disini pernah tayang cuma beda bahannya dikit yaitu sayur bayam aku ganti daun kale ama ikan teri aku ganti dengan ikan asin.

URAP SAYUR

Bahan sayur :
200 grm daun kale, siangi dan rebus sampai matang
100 grm tauge
1 bh wortel, iris korek api
10 lonjor kacang panjang, potong 3 cm

Bumbu kelapa :
1 cup kelapa parut setengah tua
5 bh cabe merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 sdt gula merah
Garam secukupnya

Pelengkap :
Ikan asin goreng

Cara membuat :
Kukus ato rebus bahan sayuran terpisah, lalu tiriskan.
Haluskan semua bumbu kelapa kecuali kelapa parutnya.
Setelah halus baru masukan kelapa parut, aduk rata.
Kukus campuran bumbu kelapa selama kurleb 20 menit.
Campurkan 1 sdm bumbu kepala kedalam 1 piring sayuran rebus.
Aduk-aduk, sampai sayuran bercampur dengan bumbu
Sajikan diatasnya ikan asin goreng


Penampakan daun kale

Menu komplitnya

Menu yang aku suguhkan melengkapi urap sayurku adalah
SAYUR MANGUT
REMPEYEK KACANG

torsdag 6. november 2008

CAKE ABON


Jika bosen dengan cake yang manis saja, bolehlah dicoba divariasi cake rasa gurh dan diberi daging atau abon biar makin cantik dan sedap dipandang mata,enak tidak eneg. Cocok untuk temen ngeteh ato cemilan keluarga.
Nyontek resep dari majalah sedap tapi aku variasi dengan menaburkan keju parut diantara cake, jadi makin gurih

CAKE ABON

Bahan :
8 kuning telor
6 putih kunng telor
50 grm gula pasir
100 grm tepung terigu
30 grm tepung maisena
20 grm susu bubuk
75 grm keju cheddar parut
3 sdm petersely cincang
75 grm margarine, lelehkan
2 sdm butter, suhu ruangan untuk olesan
100 grm abon sapi untuk taburan

Cara membuat :
Kocok telor dan gula pasir hingga kaku
Masukan tepung tergu, tepung maisena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata
Tambahkan petersely cincang dan keju cheddar parut, aduk tara
Tuangkan margarine leleh, aduk perlahan
Tuangkan kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti dan diolesi dengan margarine
Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius selama 30 menit atau sampai cake matang
Dinginkan lalu belah menjadi 2, oles dengan butter taburi dengan keju parut dan bagian atas kue taburi dengan abon sapai rata

Ps : Aku pake loyan tulban diameter 22 cm