tirsdag 29. juli 2008

SAYUR ASEM ASEM


Masih ingat jama SMP saya dolo ibu pertama kali membuat sendiri masakan ini disiang hari sebelum saya berangkat ekstra kulikuler pramuka. Dengan kilat aku lahap nasi dengan sayur asem-asem dengan ditemeni krupuk kedelai*krupuk tempe* Karena waktu mepet ga tak habisin karen keburu telat.. tapi sampai sekolah weeh blum ada orang sebatangpun.. nyesel aku nggak ngabisin makan siangku :( padahal wenak banget itu. Semenjak itulah saya belajar membuat sayur asem-asem sendiri. Lalu resep itu saya bawa kemari disuguhkan buat suami saya siapa tau suka.. eeeh malah demen banget dia. Apalagi dimakan di siang summer kayak gini... syueger sekali. Pedes asem dan rasa manis dari kecap manis

ASEM ASEM BUNCIS

Bahan :
100 grm buncis, potong-potong
200 grm daging sapi, potong dadu, rebus sampai empuk
1 bh tomat, belah menjadi 4
3 bh cabe merah, potong-potong
2 bh cabe hijau (opt),potong-potong
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 sdm minyak untuk menumis
1 liter air ( dikasi separuh air kaldu lebih sip lagi )
Garam secukupnya
2 sdm kecap manis
2 cm lengkuas
2 lmbar daun salam
2 biji asam jawa
Bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
Masukan kedalam air kaldu yang telah direbus
Tambahkan daging sapi, buncis, cabe, salam dan lengkuas
Tuangkan kecap manis dan rebus sampai matang
Masukan tomat 5 menit sebelum diangkat
Sajikan hangat dan dijamin seyger

8 kommentarer:

Andri Kusuma Harmaya sa...

Krupuk tempe mbek tempe kripik ki podho po ra?Mau awan aku bar maem sayur asem lho mbak..Prasmanan menyambut pak bupati..Lawuhe papuyu bakar karo ayam goreng.Uenak tenan :)

elsye sa...

ayinn...wahh bikin aku ngiler iki :P, btw aku baru tau kalo sayur asem dikasih tomat

L Shelvy sa...

walah yin...baca ceritanya dadi inget masa sd juga aku...:)
pramuka yo...:)
sayur asem aku rak pernah ngegawe rak iso gagal mulu

MiNDY sa...

duh pengen Yin, sut lama ga makan sayur asem-asem.

Sheila sa...

Hihihi...sama kayak Elsye. Aku juga baru tau sayur asem ada tomatnya. Ibuku selalu bikinnya gak pake tomat :D.

Mochachocolata Rita sa...

2 biji apa 2 lajur yin?

aku kanget banget asem2 koh liem di karang anyar T_T

sefa firdaus sa...

ini mah kedoyananku nih...
segerrrrrrrrrrr

Shinta sa...

emang syegeur makan sayur begini di musim panas. Asem asem syegeuurr..!