torsdag 21. februar 2008

PEPES IKAN NILA


Sebenernya ini ikan udah aku bumbuin dari kemaren, tapi gara-gara keluar jalan-jalan ama si Noni jadilah dipending sampai hari ini. Malahane ya bumbunya kerasa banget kedalam ikanya. Hmm sedap...tapi kok nasiku blom mateng. Salah aku yo...kan harus masak nasi dolo baru ngukus ikannya.

Oh ya aku pake ikan nila, emang aku sengaja pilih yang kecil ukurannya biar muat dipanci prestoku hihi, biar cepet mateng n ga ribet makanya. Tetepa aja ikanya ga bisa bobo dipanci, dan terpaksa aku ungsepin gitu aja hehe... kalo dipaksa barinf ya bisa patah ikanya, ga cantik lagi kalo dipoto :))

Karena ga ada kemangi jadi ya ga tak pakein kemangi :( tapi tetep aja sedep kok soale bumbunya meresap. Pengen tak kasi daun basil tapi kok takut ntar ngerusak aroma ikannya. Yang penting tak kukus dengan daun pisang itu bisa banyak membantu kasi aroma suedep di ikannya ;) Nih resepnya. Ada yang nungguin aku apdet resep tiap hari... ben ndino mlebu pawon




PEPES IKAN NILA

Bahan:
1 ikan nila, bersihkan.
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
1 lembar daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah
3 butir kemiri
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 btg serai, ambil bagian putihnya
Garam secukupnya

Cara membuat :
Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit lalu bilas.
Lalu beri bumbu halus, usapkan bagian perut ikan dan luar ikan.
Diamkan kurleb 1 jam didalam kulkas.
Bungkus dengan daun pisang, lalu kukus selama 30 menit (tergantung besar ikanya)
Setelah matang, sebelum disajikan bakar dolo diatas bara api biar tambah sedep aromanya.





3 kommentarer:

Amalia Hazen sa...

emang ikan nila ada ya disana..
trus bumbu2ne payah gak nyarinya..
mbok dibagi panaganan wong kono..
ben iso nyicip..

"ok, bu.. sukses ya"

rosy sa...

wadow, pepes senenganku mbak Ayin..nyicip setitik ae ya hehehe..

Mochachocolata Rita sa...

wow kamu hebat deh! tinggal di german tapi bumbu2 komplitttt banget...disini aku jarang masak pakai kunyit, kemiri, etc (alias pemalas nih), padahal kayaknya ada tuh di toko2 indo....ikannya keliatannya enakkkkk sekali, aku jadi terinspirasi rajinan dikit